Photo & Video Albums

Wednesday, September 3, 2008

Berpikir Adalah Karunia Terbesar Manusia

Berpikir merupakan karunia terbesar pada manusia. Dengan kemampuan ini manusia bisa mencapai beradabannya sampai hari ini. Akan tetapi kemerdekaan berpikir manusia pada banyak budaya seringkali terkooptasi oleh dogma-dogma kaku. Demikian besarnya kooptasi tersebut, sehingga manusia sering kehilangan nilai-nilai luhur kemanusiaan yang lahir dari sebuah kemerdekaan berpikir itu sendiri. Keadaan ini tanpa kita sadari telah terjadi bahkan dimulai saat kita baru dilahirkan. Selanjutnya dalam ruang-ruang pemikiran kita terpenuhi oleh pemikiran yang absolut tanpa mampu, lebih tepatnya berani, untuk menggali ruang pemikiran yang lebih dalam dan kritis. Jadilah sebuah masyarakat yang dibangun dengan sangat partisan satu sama lain.


Mencari, mempelajari dan meresapi sebanyak mungkin pemikiran yang ada, bahkan diluar yang selama ini telah memenuhi seluruh ruang pemikiran kita, akan membuat diri kita dapat berpikir dan merenung dengan lebih dalam dan terbuka. Eksplorasi ini akan membuat kita mengerti apa yang selama ini memenuhi ruang pemikiran kita sendiri dan sekaligus membuat kita sadar dan dapat memberikan ruang yang lapang untuk mengerti bagaimana orang lain berpikir dan berpendapat. Ruang-ruang pemikiran ini pulalah yang akan menentukan kualitas bangunan sikap kita sendiri dalam menyingkapi setiap perbedaan pandangan yang ada dalam masyarakat, baik pandangan budaya, religi, sikap politik dan pandangan-pandangan lainnya yang berkembang di masyarakat.

Waduh, terlalu berfilosofi ya ?...... Tapi boleh dong sekali-sekali kita explore seluruh kemampuan dan kejernihan pikiran kita, memperkaya pemikiran pada ruang-ruang memori yang ada, yang telah tercetak bahkan sebelum kita sempat punya kemampuan berpikir secara mandiri.

No comments: